Senin, 21 Juli 2014

Welcome Final Project, Glad to Meet You! #BaladaMahasiswaTA!

Dear Bloggies,

Tugas akhir!! Tugas akhir! bimbingan??! laporan progress ke dosen pembimbing..metode..dan kesibukan-kesibukan lainnya sudah di depan mata, bukan di depan mata saya sih...tapi sudah merasuk ke jiwa raga (*halah). That's right, I'm in the 4th year of college, which mean this year I will face final project as a requirement for my graduation!! YAYYY!! senang, pusing, galau, sedih, bingung dan perasaan lainnya campur aduk di kepala.

Pusingnya memilih judul dan tema Tugas Akhir (TA) saya bermula saat ke 12 teman sekelas saya (*laki-laki) sudah masuk sebuah tim riset kece yang dibimbing oleh salah satu dosen kece di kampus saya. Sudah memasuki pertengahan semester 6, dan saya masih bingung subyek apa untuk TA saya. OMG!! rasanya kaya ketiban besi 100Kg, berat dan puyeng. Untung saya yang sedang hopeless, memiliki 5 teman-teman kece yang saat itu mengajak saya untuk menghadap dosen kece lainnya yang ada di kampus saya.

Pertama kali menghadap, kita mengutarakan maksud untuk berkonsentrasi dengan game dalam TA ini. Setelah berdikusi dan berkali-kali bertemu, akhirnya masing-masing dari kami memiliki konsetrasi yang berbeda-beda namun memiliki beberapa kesamaan, hanya berbeda pada metode dan aplikasinya. Judul sudah ketemu, sekarang breakdown judul dan menentukan metode menjadi tantangan selanjutnya. Kalau seperti ini rasanya seperti saat battle debate competition (*maklum mantan debater amatir). Masih sangat terasa betapa deg-deg annya saat breakdown motion selama 30 menit sebelum terjun 'membantai' lawan debate saya. Motion harus benar-benar di 'bredel' per kata dan menyusun argumen pendukung yang detil dengan data pendukung valid.

Menjelang sidang TPPA (Tugas Pendahuluan Proyek Akhir) saya mendapat misi kece untuk breakdown program. Kali ini, saya yang amatir sekali dan tidak menyukai bahasa pemrograman HARUS benar-benar usaha EKSTRA keras. Well...actually I'd love to learn all of languages in the world, but I make an exception for programming language. How could you make a machine understand you???. It's not impossible, because I believe there's nothing impossible, it's just me who make wrong perception (*I think..hahaha).

Proposal sudah selesai, saatnya menyiapkan bekal untuk presentasi dalam sidang TPPA bulan depan mendatang 4-7 Agustus. Ditengah-tengah libur lebaran saya harus pandai menyisihkan waktu saya untuk mengerjakan dan belajar untuk menghadapi sidang. Saya BERTEKAD untuk lulus! mengejar beasiswa ke Perancis dan another option untuk bekerja jikalau (*semoga saja tidak) aplikasi beasiswa saya ditolak.

Menjelang hari raya H-7, saya pun masih terjebak di kampus, setelah beberapa hari di pehape (*eh). Saya masih terjebak akibat kelalaian saya sendiri. Terlarut dengan jam kosong, deadline tugas pun tidak saya hiraukan dan endingnya, TADAA!! saya kelabakan mengerjakan tugas ini. Masih 20% proses dari tugas yang harus dikumpulkan besok kamis, dan sampai detik ini saya hanya bisa menatap nanar program di laptop (*boong banget) sembari nge-Blog (*nge-blog doang yang di gas pol!) -___-. Dengan alasan masih mengumpulkan mood, pelarian saya ya cuman nulis ini..hahahahhaha.

Dengan banyak tanggung jawab, selain TPPA, dan tugas, seharusnya saya lebih responsible, tapi sayangnya saya masih belum bisa mengendalikan mood saya (*hufti banget kan!) . Semangat buat saya..semangat untuk mengadapi musuh terbesar saya a.k.a RASA MALAS!!. (*hah!musuh bebuyutan ini...) SUKSES untuk ANDIN!! semangat buat SAYA!!


Surabaya (21/7/2014)

2 komentar:

  1. Welcome to the last year Andin, enjoy your superduper priceless moment :')

    BalasHapus
  2. >.< ternyata begini banget cik rasanya...bimbingan, kejar progress..dan masih banyak tugas di tahun akhir ini...

    BalasHapus