Selasa, 05 Mei 2015

UN Selesai, Bikini Party Yuk!

Dear Bloggies,


Source: Meme Comic Indonesia
Di penghujung April kemarin, Jakarta diguncang dengan acara bertajuk 'Splash After Party' yang notabene merupakan acara perayaan seleseainya UN SMA. Waktu itu saya yang tidak sengaja melihat undangan itu pada hari Kamis malam (24/04), setelah 'menikmati' undangan via video yang diunggah, saya langsung speechless. Iya, speechless...bagaimana bisa merayakan selesainya UN dengan kegiatan seperti itu. Lha wong jaman saya saja (tahun 2011 lalu) setelah UN masih disibukkan dengan ujian sekolah dan praktik yang bejibun, bagaimana bisaaaaa mereka merayakan dengan menggelar pool party dengan tema summer dress dan menghadirkan para dije-dije an??? apakah jaman sudah berubah begitu drastisnya?apakah terjadi penurunan moral di Indonesia??
Se-simple itu kah? padahal masa depan mereka masih panjang, belum tentu juga hasil ujiannya memuaskan (berharap memuaskan semua sih, but I'm trying to be realistic). Kalau di jaman saya, dulu masih ada SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang menjadi 'momok' alias tantangan yang sebenarnya setelah UN. Berlomba-lomba merebut kursi kuliah dengan ratusan ribu mahasiswa lain (itupun yang masih sanggup melanjutkan kuliah). 

Setelah menmpuh pendidikan formal 9 tahun, masing-masing eks-siswa ini akan masuk dalam masa pencarian jati diri, mau jadi apa nanti setelah lulus SMA. Ujian saja baru selesai sudah bikin acara aneh-aneh, mbok ya fokus buat lanjutin rencana hidup kedepan (bagi yang punya sih, tapi saya yakin setiap orang pasti punya).

Bukan maksud sok naif, tapi masih ada cara lain untuk melepaskan penat setelah berkutat dengan UN yang menguras pikiran. Acara yang lebih bermakna daripada harus menghabiskan uang untuk sekedar ber-dunia gemerlap an. Menghabiskan waktu untuk jalan-jalan bareng dengan keluarga dan teman sekelas kan juga bisa (mumpung teman seangkatan masih belum kemana-mana), membuat acara amal bakti sosial bareng teman sekelas juga oke, atau yang suka baca buku bisa cari refrensi buku baru dan masih banyak kegiatan positif lainnya.

Perjalananmu masih panjang nak!nggak akan kebayang beratnya ngerjain tugas-tugas kuliah, belajar mati-matian di setiap kuis dadakan, UAS, UTS, mengejar dosen pembimbing skripsi, cari judul skripsi, dan bla bla bla...college life is not as fun as you tought :) trust me. Dulu, sebelum saya kuliah saya berpikir "enaknya kuliah, sabtu minggu libur (di sekolah saya full day school sampai hari sabtu khusus kelas 3), bisa ambil uang dari ATM (maklum saya dulu belum ada ATM, uang jatahan orang tua cuman disimpen di amplop), bisa nongkrong sesuka hati". Well, yeah...itu pikiran saya dulu sewaktu jadi siswa ingusan. Sekarang, saya merasakan betapa besarnya tanggung jawab menjadi seorang MAHASiswa, yang artinya tingkatan tertinggi dari pendidikan formal. 

Saya pernah mendengar quote "Semakin bertambah umur, semakin besar juga tanggung jawabmu. Urip iku kudu rekoso-Hidup itu harus besusah-susah dulu" yang artinya untuk menggapai impian harus berjuang dan berusaha (jangan lupa doa). Satu level tanggung jawab selesai, masih banyak level tanggung jawab yang menunggu didepan mata. Apalagi generasi muda itu yang akan menggantikan generasi tua nanti, jadi instead of doing something useless you better start to do something GREAT. Sembari menanti hasil UN bisa juga memulai membuka usaha sendiri atau beburu beasiswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi. 

Setelah penjelasan panjang lebar tadi, masih mau ngadain dan ikut acara Bikini Party?? think again


-xoxo-

4 komentar:

  1. Tulisan yang bagus untuk dibagi buat anak muda jaman sekarang.
    Saya suka dengan bagian tulisan mbak yang ini, "Sembari menanti hasil UN bisa juga memulai membuka usaha sendiri atau beburu beasiswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi."
    Karena pada kenyataannya, anak muda lulusan sekolah pada umumnya belum begitu mengerti arti sebuah kelulusan, yaitu tanggung jawab.

    Thank you buat sharingnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...iya nih, kemarin kaget bin miris...kasihan orang tua juga, gregetan rasanya kalau hanya sekedar selesai UN bisa segitunya..

      Hapus
  2. Klo menurut saya sih "Bikini Party" memang terkesan "berlebihan" untuk ukuran anak SMU. Tapi jujur, sewaktu saya selesai UN (dulu tahun 2004) yang diinginkan memang saat itu ya melepaskan penat dari pelajaran. Karena sejak 3 bulan sebelum UN, itu seakan belajar terus dari pagi sampai malam dari Senin sampai Minggu. Lalu ya setelah UN itu bener-bener nggak ada ujian-ujian lagi. SNMPTN juga waktu itu klo nggak salah pelaksanaannya masih lama. Jadi ya seminggu setelah UN, sama temen-temen main game bareng2 dari pagi sampai malam, hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih mas, memang habis UN harusnya melepas penat, tapi nggak harus sampe kelewat batas...
      kalau dulu, saya maraton sewa komik dan novel..hehehe, karena saya suka baca dan berimajinasi lewat bacaan yang saya baca, :)

      Hapus