Selasa, 02 Juni 2015

Yuk, Asah Kemampuan TOEFL Secara Otodidak!

Dear Bloggies,




Entah kenapa, pagi ini saya ingin mengorek-ngorek blog kelas yang dulu menjadi salah satu tugas mata kuliah bahasa Inggris dosen favorit saya Mr. Rizal Kuddah. Saya pernah menuliskan artikel berjudul "How to Get Great TOEFL Score", saya ingin mengangkat topik ini kedalam blog saya sendiri (hehehe..sekalian menyebarkan tips-tips buat tembus TOEFL tanpa menghabiskan duit banyak). Jujur saja, dulu semasa SD saya mendapatkan pelajaran bahasa Inggris saat duduk di kelas 4SD dan saya tidak suka pelajaran itu karena aneh dan gurunya pun terkenal galak. Saya masih ingat sekali dengan nilai bahasa inggris saya yang tidak jauh dari angka 0-50 (payah banget pokoknya).

Entah suatu ketika ada halilintar menyambar saya (bercanda ding.. ), saya tiba-tiba ingin belajar bahasa Inggris dengan serius, dan untung saja Ibuk saya semangat sekali mendaftarkan saya di dua tempat sekaligus (Ibuk saya selalu mengedepankan pendidikan terbaik buat anak-anaknya, bangga jadi anaknya ibuk..). Oke, kembali lagi ke topik awal, sebenarnya tidak perlu menghabiskan uang terlalu banyak untuk meningkatkan nilai TOEFL. Semasa SMA dulu TOEFL saya masih di range 480 –an (sekarang sekitar 500), meningkat tanpa saya mengikuti kursus khusus untuk TOEFL Prep. Beberapa kebiasaan ini mungkin bisa kalian tiru (ini cara belajar saya..mungkin kalian memiliki cara belajar lain? Boleh lah di bagi ):


  1. Beli buku latihan TOEFL, sekarang ini banyak sekali dijual buku-buku mengenai bagaimana meraih nilai TOEFL yang amazing. Saran saya, pilih buku yang memiliki CD dan teori (jangan cuma soal), saya rekomendasikan Longman.
  2. Kalau buku latihan sudah punya? Ya kerjakan!. Kerjakan soal latihan tanpa membuka kunci jawaban! NO PEEKING ya...
  3. My favorite section is Listening Section! Yes, listening, karena menurut saya lebih enak mendengarkan dan mengambil kesimpulan dari percakapan. Untuk section ini, kalian bisa berlatih dengan banyak mendengarkan lagu-lagu bahasa inggris dan menulis liriknya dan mencocokan dengan lirik asli setelah mendengarkan. Pastikan diulang-ulang pronounciation nya biar paham. Bagi penggemar film, coba cari film dengan subtitle bahasa Inggris, selain mendapatkan ilmu listening kalian juga mendapatkan banyak vocabulary baru.
  4. Untuk Structure section (well, saya benci section ini, grammar is suck -_-), kalian bisa mempelajari trik-triknya. Di buku Longman ada trik-trik jitu untuk mengidentifikasi grammar yang tepat, karena waktu mengerjakan section ini sangat terbatas.
  5. For reading section, DO NOT read all of the text and translate it, it will waste your time, babe! You should read the question first then find the answer on the text or you can do easy question first like find the similar meaning etc. Also, there are some trick that you can learn in Longman book (trust me).
  6. Hal yang paling penting adalah, PRATICE!!PRACTICE and PRACTICE!! Latihan, kalau buku sudah ada, resource lagu ada, apalagi youtube dan koneksi internet yang joss. Itu semua fasilitas yang melimpah untuk belajar upgrade nilai TOEFL kalian tanpa menghabiskan duit ikut kursus sana-sini.
  7. Jika ingin berlatih speaking, datang saja ke Kampung Inggris di Pare. Disana kalian akan menemukan banyak penjaja cilok dan pedagang kaki lima yang menggunakan bahasa Inggris (seru!!..)
Itu semua cara belajar saya selama ini, karena setelah beberapa tahun ikut les, saya sudah bosan dan ingin mengeksplore sendiri (meskipun belum sampai 550, but almost close if I upgrade my Grammar). Saya masih belajar juga, terlebih di Grammar, karena susah sekali menurut saya.

Untuk tes IELTS, saya belum mencoba (but soon maybe). Bagi yang ingin melanjutkan studi ke UK atau Europe, IELTS menjadi patokan penting. Tes IELTS dan TOEFL IBT lebih kompleks lagi, karena kalian juga akan diuji dari skill speaking dan writting. Oh iya, satu lagi...bagi warga Surabaya yang ingin belajar bahasa Inggris gratis atau bahasa lain, bisa datang ke Rumah Bahasa di Balai Pemuda. Kursusnya Gratis tis...salut sama Bu Risma deh. ASEAN Economic Community is coming, masih ogah-ogahan belajar bahasa Inggris? Think again.


-xoxo-



4 komentar:

  1. Rekomendasi buku nih, mbak. Belum punyak buku toefl nih.
    Doakan bisa lolos 450 ya mbak :")

    BalasHapus
  2. iyess...coba beli yang longman hap...lebih tokcer :)
    Amin..semoga bisa lulus :)

    BalasHapus
  3. rekomendasi banget nih, terakhir Toeflku 475 :D kl beli buku ini bakalan lebih gede gak yah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pokoknya soal latihannya di lalap habis, insyallah bisa naik...sebelumnya saya cuman kisaran 490 mbak.. :)

      Hapus