Senin, 07 November 2016

Sedapnya Mie Mapan Surabaya, Bikin Goyang Lidah

Dear Bloggies,

Mie Ayam porsi Jumbo
Panas terik Surabaya akhir-akhir ini membuat saya cepat lapar, dan karena saat itu saya sedang ‘ngidam’ untuk makan Mie Ayam, akhirnya saya bersama dengan mbak-mbak kos teman saya bertolak mencicipi kuliner Mie Ayam di Mie Mapan. Setelah mengantar kakak saya ke Juanda, kita bertiga (saya dan mbak-mbak kos) langsung menuju cabang Mie Mapan di Jl. Kartini. Saya mendapatkan informasi mengenai kuliner satu ini melalui akun instagram milik Mie Mapan baru-baru ini(yang ternyata sudah terkenal sejak tahun 1992!! Udah lama..tapi saya baru tau kuliner ini). Akun instagram milik mie mapan ini selalu update dengan gambar-gambar Mie Ayamnya yang menggiurkan dan beberapa menu andalan lain, membuat saya penasaran mencicipi mie ayamnya (akhirnya keturutan juga..Alhamdulillah).


Disetiap meja sudah disediakan satu set saus, sambal, merica, lombok dan acar

Mie Mapan Jl. Kartini
Pengunjung di Mie Mapan pada Sabtu Siang itu tidak terlalu banyak, kami bertiga memilih duduk di tempat yang paling dekat dengan AC (maklum, suhu di Surabaya mencapai 37° membuat kami bagai cacing kepanasan yang pengen kena hembusan AC hahaha). Setelah duduk cantik, kami disodori daftar menu oleh mbak-mbak pelayan nya. Butuh waktu 10 menit untuk menimbang-nimbang memilih menu dan pada akhirnya pilihan saya jatuh pada Song Mie Ayam Jamur porsi jumbo ditemani segelas es teh jumbo. Saat pertama membaca menu jumbo dengan harga yang lebih mahal, saya berekspektasi kalau porsi mie nya juga benar-benar jumbo karena pada saat itu saya lapar berat.

Song Mie Ayam Jamur porsi Jumbo

Kami menunggu kurang lebih 15 menit, sampai pesanan datang. Mie kuah pedas jumbo, Mie ayam jumbo, Song Mie Ayam Jamur jumbo, Pangsit Kuah dan tiga gelas es teh jumbo. Daaann...eng i eng...Mie ayam porsi jumbo ternyata tidak se-‘jumbo’ namanya, hanya mangkok nya saja yang sedikit jumbo. Kali ini saya dikecewakan dengan harapan yang saya bangun sendiri atas porsi Mie ayam nya(setdahh!). Setidaknya, mie yang disajikan sudah sesuai lah dengan gambar foto yang ada di daftar menu.

Ritual sebelum makan dimulai dengan foto-foto, lalu tidak lupa untuk berdoa dan cusss hap slruppp!!, langsung makan. Rasa Mie ayam nya NENDANG banget, enak! Apalagi kuah kaldu mie yang berasa rasa ayam nya sampai bikin lidah saya 'bergoyang' keenakan euy..(alay! delicious food always make my day!). Adonan Mie yang disajikan di Mie Mapan ini merupakan buatan sendiri, bukan mie telor yang biasanya kita beli secara pack atau per bungkus itu. Hal tersebut menjadi faktor yang menambah kenikmatan mie ayam disini. Untuk Mie kuah pedas, menurut saya kurang pedas namun rasa campuran jeruk nipis di dalam kuah nya sangat kuat, dan itu memperkaya rasa kuah pedas mie nya. Dengan dibanderol harga IDR 26.000 ++ untuk porsi jumbo, menurut saya kurang banyak porsi nya (hahahaha), terlebih kalau mengajak teman cowok yang porsi makan mereka lebih besar dari saya hahahaha...Jika kamu ingin mencoba menu lain, kamu juga bisa memesan menu penyetan yang beraneka ragam mulai dari tahu-tempe hingga otot penyet (next time saya coba penyetannya ah..). 


Overall this is ‘worth to try’ cullinary terlebih bagi penggila mie! Saya suka dengan Mie ayam nya disini, tapi saya sedikit kurang sreg dengan harga nya untuk porsi jumbo (jaman sekarang apa-apa mahal) dan porsi jumbo, harusnya bisa lebih banyak dan besar (menurut saya sih....hehehe). Boleh lah kesini lagi untuk mencicipi menu penyetannya. 

Untuk menikmati mie mapan, kalian bisa mengunjungi banyak cabang nya yang tersebar di Surabaya, ini dia alamatnya (kalau kurang, bisa tambahin lagi):

  • Jl. Rungkut Mapan Tengah I/FB11
  • Jl. Raya Wiyung 102
  • Jl. Kartini 16 B
  • Jl. Baratajaya XIX/51
  • Ruko Central Tropodo Blok A/1
  • Darmo Indah timur R/17

Daftar Menu Mie Mapan




RATE: 3 out of 5

4 komentar:

  1. Ra njajal ngereview @Kimi Kimi Fruit Dessert ndin? hahaha

    kan pas kuwi usum panas v:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha...kan sudah pernah kamu review ndu, njajal sing liyane, wkwkwkkw

      Hapus
  2. Untung pesen yang porsi jumbo mbak XD Kalau pesen porsi biasa piye iku. Kwkwk.
    Mbak mentor ENT-ku, pa kabsss XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha....iya, porsi biasa mah dikitt, kurang puas

      Alhamdulillah, baik dek :D

      Hapus